Sabtu, 13 Juli 2013

Jenis Virus Komputer

Posted on 16.15 by Unknown

Jenis Virus Komputer – Semua jenis virus komputer mengganggu kerja komputer dan sangat mengganggu penggunanya. Sebenarnya virus-virus komputer ini tidak hanya terdiri dari 1 jenis tetapi ada beberapa jenis virus komputer. Semua jenis virus komputer ini mempunyai berbagai cara untuk merusak komputer Anda tergantung dari jenisnya. di bawah ini akan saya bahas beberapa jenis virus komputer yang biasa ditemui.


Jenis Virus Komputer – Trojan Horse

jenis virus ini terlihat seakan-akan merupakan sebuah program yang sangat berguna dan mempunyai berbagai fungsi yang menguntungkan. Walaupun setelah diinstall program ini terlihat berguna tetapi informasi yang diberikan ke pengguna tidak jelas. Secara diam-diam virus komputer ini menjalankan program lain yang tidak diinginkan. Walaupun biasanya trojan horse tidak memperbanyak dirinya sendiri, akan tetapi virus ini merusak sistem keamanan komputer. Trojan Horse datang bersamaan dengan sebuah aplikasi. Trojan Horse mempunyai fungsi merusak data seseorang atau membuat komputer lain bisa memasuki komputer yang terinfeksi tersebut.

Jenis Virus Komputer – Worm

Worm merupakan jenis virus komputer yang selalu memperbanyak dirinya sendiri. Dari satu harddisk ke harddisk lainnya, atau juga mengcopy dirinya via e-mail dan lain-lain. Biasanya virus ini masuk dari e-mail yang sudah terinfeksi lalu Anda klik.

 

Jenis Virus Komputer – Bootsector Virus

Virus ini berada di dalam harddisk dan akan terbaca oleh komputer ketika komputer sedang boot up.

 

Jenis Virus Komputer – Macro Virus

Jenis virus komputer yang satu ini menyebarkan dirinya melalui aplikasi-aplikasi makro lainnya. Biasanya virus ini menyeran dokumen-dokumen seperti dokumen word, excel dan akan terus menyebaar pada dokumen-dokumen seperti itu.

 

Jenis Virus Komputer – Memory Resident Viruses

Virus ini berada di Random Acces Memory (RAM) yang juga memperlambat kinerja komputer. Virus ini datang bersamaan dengan virus lainnya dan masih terus bekerja walaupun virus yang membawanya masuk sudah dimusnahkan.

 

Jenis Virus Komputer – Rootkit Virus

Virus Rootkit ini biasanya tidak terdeteksi keberadaannnya dan tidak terdeteksi oleh komputer. Virus ini dipasang oleh trojan dan sering menyamar sebagai salah satu file di OS (Operating System / Sistem Operasi)

 

Jenis Virus Komputer – Polymorphic Viruses

Virus ini juga merupakan salah satu jenis virus komputer yang suka memperbanyak dirinya sendiri. Selain itu jenis virus komputer ini juga berubah-ubah bentuknya walaupun itu virus hasil copy dari dirinya sendiri. Ini yang membuat antivirus yang kurang canggih sulit untuk mendeteksi keberadannya.

 

Jenis Virus Komputer – Time Bombs virus

Time bombs virus (virus bom waktu) merupakan jenis virus yang telah diatur kapan ia beroperasi pada waktu tertentu. Contoh dari virus ini bisa dibilang cukup unik ini adalah virus yang menghapus seluruh foto Anda ketika Halloween ataupun virus yang menghapus seluruh data Anda ketika Anda dipecat.

Demikianlah beberapa jenis virus komputer yang saya ketahui. Semoga Bermanfaat !

No Response to "Jenis Virus Komputer"

Leave A Reply